Rabu, 03 Desember 2014

Setting Access Point Wireless

Well, Hallo~ kali ini saya akan post bahasan mengenai Jaringan Komputer dan lebih spesifiknya Access Point (AP). Biarkan saya cerita sedikit tentang apa saja yang dilakukan di praktikum jarkom dengan bahasan wireless network yaa
Pertama, seperti biasa kami diberi penjelasan mengnai Wireless Local Area Network (WLAN), jaringan jaringan seluler, media transmisinya, sampai pada akhirnya konfigurasi Access Point. Disini saya akan post mengenai langkah langkah penyettingan access point, atau bisa juga disebut setting router. Pada postingan kali ini saya tidak menggunakan router secara fisik (karena blom punya) tapi dengan menggunakan fasilitas penyetingan secara virtual dari website TP_Link (Klik untuk lihat) . Lalu disini kita akan melakukan penyettingan Access Point secara cepat. Let's check it out~

++ untuk melihat gambar lebih jelas klik saja gambarnya


1. Untuk step awal jelas kita harus nyalakan/reset router yang ada/yang kita punya. Lalu lihat keterangan di box router atau router tersebut informasi mengenai IP Address dari routernya. Lalu IP address nya kita ketikkan di browser kita.

2. Setelah itu, akan ada tampilan seperti berikut :


Tampilan tersebut menunjukkan informasi informasi dasar terkait router yang kita miliki. Mulai dari firmware versionnya, hardware version, MAC address sampai Traffic Statistic nya.

3. Karena kita ingin melakukan pengaturan access point secara cepat, maka kita bisa pilih menu Quick Setup pada deret menu di sebelah kiri. Setelah kita mengklik Quick Setup maka akan muncul tampilan sepert :

Lalu kita klik saja Next untuk memulai proses penyettingan cepat Access Point.

4. Setelah klik next maka akan muncul tampilan seperti :

disitu kita diminta untuk memilih mode operasi yang akan kita gunakan. Karena kita akan menyetting access point nya maka pilih saja menu access point, klik next.

5. Lalu kita akan melihat tampilan untuk setting AP nya seperti:

Disitu ada nama dari wireless yang akan kita gunakan, daerah/wilayah dimana kita berada, transmission power, mode pengaman untuk wireless nya, dan tentu saja password untuk wireless nya. Untuk SSID disini saya gunakan tiafitriatia karena itu merupakan nama akun berbagai media sosial yang saya punya *hehe. Untuk region tentu saja Indonesia <3 dan jika ada pop up warning kita klik i accept saja dan ok. Transmission Power saya pakai default saja. Wireless Security Mode saya pilih Most Secure (WPA/WPA2-PSK) karena mode tersebut merupakan enkripsi yang paling aman, sedangkan WEP yang paling dasar. Dan untuk Wireless Password saya gunakan gue1234.

setelah itu klik saja next.

6. Disini kita akan memasukki penyettingan IP address yang diperbolehkan/digunakan dalam wirelessnya. Untuk tampilan nya seperti ini :


lalu mari kita atur untuk DHCP Server jadi enable agar jika ada yang ingin pakai wirelessnya tidak perlu memasukkan IP address secata statis. dan Subnet Mask kita pakai subnet mask kelas C.


lalu kita klik saja next.

7. Lalu selesai deh settingan AP secara cepat~ nanti akan ada review mengenai settingan yang kita lakukan pada wireless nya. Ada info mengenai Access Point, SSID, Security Mode dll. 


Nah, setelah itu kita janagn langsung exit dari browsernya, tapi lebih baik kita reboot terlebih dahulu agar settingan yang kita lakukan dapat bekerja secara maksimal untuk kedepannya. Setelah di reboot maka selesai deh, kita bisa pakai routernya dengan bahagia~ (cari wifi dengan nama tiafitriatia)

Sekian postingan saya, terimakasih sudah mengunjung blog aku dan membaca secara cermat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar